Senin, 10 Agustus 2009

MUI harus fatwakan sesat yoga

Dalam prakteknya yoga mirip dengan kegiatan olah raga / olah tubuh dengan tujuan tertentu. Nama asli oleh tubuh ini sendiri berasal dari bahasa sangsekerta, yaitu sastanga suriyanama sakar yang berarti sujud kepada matahari dengan menggunakan anggota tubuh yang kedelapan. Dengan demikian , yoga bukanlah oleh raga murni yang bertujuan untuk meningkatkan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh maupun ketenangan batin, sebagaimana klaim para praktisinya. Secara esensi yoga lebih dekat pada salah satu bentuk ritual setan atau praktik ibadah yang ditujukan oleh pengikutnya kepada dewa matahari. Bentuk ritual ini merupakan praktik yang sudah berlangsung selama ribuan tahun yang lalu di India.

Gerakan yoga bertumpu pada sepuluh gerakan. Salah satu bentuk gerakannya adalah gerakan menelungkup diatas tanah;kedua tangan, hidung, dada, dua lutut, dan jari-jemari dua telapak kaki. Gerakan ini serupa dengan bentuk gerakan sujud pada matahari dengan menggunakan anggota tubuh yang delapan.

Jika kita amati, maka gerakan-gerakan yoga ini menyerupai gerakan dewa yang disembah oleh orang-orang India. Dalam melakukan gerakan ini, mereka mengiringinya dengan lafadz-lafadz dan bacaan tertentu yang beraroma mantra. Mereka melakukannya dengan irama teratur. Sebagaimana dari bait-bait mantra ini mengandung nama-nama matahari yang berjumlah 12. Dalam mengucapkan mantra-mantra (mereka menyebutnya dengan afirmasi) terkadang mereka menambahinya dengan lafadz aum haraam, aum hariim, aum haruum yang memiliki makna dalam bahasa syari'at Allahumma / ya Allah.

Dari sini jelas sekali bahwa yoga ini merupakan ibadah orang-orang hindu.Terkhusus untuk para devotes sai baba, yoga merupakan menu wajib baginya. Dan sebagaian besar perkumpulan Sai Organisation berlindung di balik perkumpulan-perkumpulan ini. Salah satu gelar dan julukan sai baba sendiri adalah Maha Master Yogi (raja diraja Yoga). Jika Yoga mengajarkan bahwa seseroang akan sampai pada puncak kesadaran ini yang tertinggi, atau berada pada maqam manunggaling kawula gusti karena kesempurnaan gerakan yoga yang dilakukannya, maka sai baba dianggap salah satu master yoga yang telah mencapai maqam itu. Kehebatan ilmu yoga Sai Baba diklaim telah mengantarkan dirinya pada derajad seorang avatar (menjelmanya tuhan dalam dirinya). Saibaba sendiri selalu mengingatkan pada devotesnya bahwa tuhan berada dalam diri setiap orang. Bahkan, Sai Baba menyebutkan bahwa seriap manusia adalah tuhan. Inilah buah dari pengamalan yoga yang dipraktekkan oleh para pengikut Sai Baba (Lihat : Kaki Tangan Dajjal Mencengkram Indonesia, hal 133-134)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar